Jumat, 18 September 2015

Tips (Solo) Traveling Dengan Budget Minim







Masih dari trip kemaren, seorang temen nanya sama gue dengan beberapa pertanyaannya. Mungkin beberapa pertanyaan itu bakal sedikit bermanfaat buat kalian.
1. Bawa duit berapa? Ko bisa ngebolang sejauh itu pake duit segitu?
2. Seriusan pergi sendiri? Gak takut diculik?
3. Mandi dimana? Nyuci dimana? Makan gimana?
Dan beberapa pertanyaan lain.
Oke, mari gue jabarkan sedikit jawaban untuk pertanyaan diatas.
1.  Ya, gue cuma bawa duit 2,8 juta. Tepat waktu balik ke rumah dan sampai di kamar, gue hitungan sisa duit gue masih sisa walaupun cuma 8ribu. Ko bisa cuma bawa duit segitu? Balik lagi, dengan apa prinsip seorang backpacker, mari kita nyanyiin lagunya kak Dwika yang dijadiin jingle nya kak Takdos si backpacker gembel:
"Aku ingin bertualang, perluas cakrawala
Tapi selalu terpentok biaya
Aku buat sebuah resolusi, kemewahan bukan yang kucari
Tapi kepuasan hati
Aku ambil saja ranselku
Dunia tunggu aku
Banyak yanh bilang aku gembel, they dont know me so well, im a backpacker
Ku bertualang dengan caraku, dunia tempat bermainku,
Whatever... im a backpacker"

from the songs lyrics, may we got what we want to know

2. Solo backpacker, it leaves you spechless then turn u be a friendly one! Ketika lu cuma jalan sendiri, pasti ada niatan untuk menjadi lebih supel. Dari supel terjalin lah relasi, relasi yang akrab bakal nimbulkan rasa ketertarikan satu sama lain (bukan cinta kaya pacar), dengan kata lain bisa aja lu di kasih tau tips apapun yang bisa menunjang solo backpacker lu dari teman perjalan lu atau mungkin di kasih tumpangan tidur di rumahnya. Asal masih di Indonesia, itu masih rumah lu kok. ( tapi tetep harus hati-hati)

3. Mandi? Ya tinggal mandi, ibarat lu lagi jalan, capek, nemu Masjid atau pom bensin, sekalian lu istirahat disitu lu ikut bersih-bersih badan dan logistik di rest area nya. Nyuci? Fexible lah 1 baju kan bisa dipake 2 hari, kalo baju lo abis, tinggal cuci di wastafel atau sebagainya, malam ketika lu istirahat, adalah waktu yg pas buat jemur pakaian. Ngerti kan? Gak susah kok. Makan? Ya tinggal makan, fikirkan 2 kali sebelum beli makanan apakah lu mau makan dengan menu royal dan trip lu berhenti lebih cepat atau dengan menu yg murah tapi tetep bisa ganjel perut dan tenggang waktu trip lu bisa lebih panjang. Thats your choice mate..

Haha, namanya juga backpacker. Cobalah buat keluar dari zona nyamanmu sesekali, demi mendapatkan pengalaman traveling yang tak terlupakan. Kalo kata Jacqueline Boone sih "Traveling Solo doesn't mean you're alone. Most often, You meet marvelous people along the way and make connections that last a lifetime"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar